by

Tanpa Izin, Drama Surabaya Membara Disalahkan

Tiga pemirsa drama kolosal ‘Surabaya Membara’ tewas akibat disambar kereta api lewat di sepanjang viaduk Surabaya. Insiden ini pun menyebabkan sejumlah pemirsa terluka dampak terjatuh dari viaduk yang terbentang Jl Pahlawan tersebut.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Rudi Setiawan menuliskan kejadian ini dilangsungkan saat terdapat kereta yang melintas ke arah barat. Saat tersebut memang ada pemirsa yang menonton drama kolosal ini di viaduk (jembatan-atas kereta).

“Ada orang yang menyaksikan di jalur kereta api, lantas di jalur kereta terdapat kereta melintas menuju ke arah barat,” kata Rudi di tempat kejadian di Jalan Pahlawan, Surabaya, Jumat (9/11/2018) lalu.

Dalam perkembangannya hingga Selasa (13/11), Walikota Surabaya, Trismaharini menyatakan, belum bisa meminta pertanggungjawaban kepada panitia penyelenggara. Ia mengatakan, panitia pergelaran tontonan drama tersebut dinilai sembrono (tidak menganut aturan, red.). Karena mengadakan acara yang diyakini bakal menyedot banyak anggota masyarakat, ternyata tanpa perizinan yang formil dan prosedural. Akibatnya, lanjut Walikota Surabaya ini, kurang dukungan dari aparat terkait.

Sementara itu, salah seorang penonton yang mengetahui peristiwa tersebut, mengatakan, korban sebenarnya yang terjatuh berjumlah belasan. Namun, para korban yang jatuh dan selamat justru takut dan meninggalkan tempat kejadian.  Kini korban luka yang masih dalam perawatan rumah sakit RSU dr Soetomo dan RS PHC dua orang.

Sebelum kejadian, sebenarnya ada sejumlah petugas memperingatkan sejumlah penonton. Agar mereka tidak menonton pertunjukan dari atas viaduk. Namun imbauan ini tampaknya tak dihiraukan. Di samping itu, tak terdapat penjagaan petugas di atas viaduk.

Saat kereta lewat, pemirsa yang di atas viaduk tampak tak dapat diam. Sebagian terdapat yang nyaris terjatuh dampak saling dorong. Sejumlah penonton memberikan kesaksiannya, bahwa kejadian tersebut karena desakkan yang terlampau kuat. Sehingga sejumlah orang yang berada di atas viaduk, tiba-tiba saja langsung jatuh.

Baca juga:
Caleg Perindo Dituntut Setahun Penjara

Berikut 3 nama korban yang meninggal dunia di RSU dr Soetomo dan RS PHC

  • 1. Erikawati (9) warga Jalan Kalimas Baru No. 61, Surabaya. (Jatuh dari Viaduk),
  • 2. Helmi Suryawijaya (13) warga Karang Tembok Gang 5, Surabaya. (Terlindas Kereta Api),
  • 3. Bagus Ananda (17) warga Jalan Ikan Gurami 6/27, Surabaya. (Jatuh dari Viaduk).

 

Bagikan Sekarang!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed