by

Korut dan Korsel Berdamai, AS Pertimbangkan Tarik Pasukan

-Dunia-128 views

Pentagon mempertimbangkan penarikan pasukan Amerika Serikat (AS) dari Semenanjung Korea menyusul perdamaian yang disepakati antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel). Hal ini dikatakan Menteri Pertahanan AS James Norman Mattis.

“Ya, itu ialah bagian dari masalah yang bakal kami kupas dalam negosiasi dengan sekutu kami terlebih dahulu dan, pasti saja, dengan Korea Utara,” kata Mattis dalam suatu transkrip konferensi pers dengan Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Blaszczak di Pentagon

Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dijadwalkan bertemu pada Mei atau mula Juni 2018 untuk membicarakan denuklirisasi semenanjung Korea. Kedua pemimpin yang sebelumnya saling ancam ini bakal bernegosiasi untuk memblokir program nuklir Korea Utara secara permanen.

Amerika Serikat sudah terlibat dalam kampanye desakan maksimum terhadap Korea Utara dan memimpin masyarakat internasional guna memberlakukan sejumlah putaran sanksi atas program senjata nuklir dan rudal balistik Pyongyang.

Sebelumnya pada hari Jumat, Kim dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyelenggarakan pertemuan puncak di Zona Demiliterisasi, di mana mereka menandatangani Deklarasi Panmunjom guna Perdamaian, Kemakmuran dan Penyatuan di Semenanjung Korea.

Dokumen tersebut mengikat kedua negara guna mewujudkan semenanjung Korea bebas nuklir. Keduanya juga berkata untuk menyelesaikan secara sah Perang Korea.

Situasi di semenanjung Korea sempat memanas dalam dua tahun terakhir sebab rentetan uji jajaki rudal balistik dan senjata nuklir Korea Utara. Tindakan rezim Kim Jong-un tersebut juga merangsang ketegangan dengan Washington, sebagai sekutu pelindung Seoul.

Bagikan Sekarang!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *