by

Penyebab Masih Ada 7 Juta Orang Nganggur di Indonesia

-Ekonomi-59 views

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data pengangguran ketika ini menjangkau 7 juta orang. Lantas, apa penyebabnya?

Berdasarkan keterangan dari Kasubdit Penyelarasan Kejuruan dan Kerjasama Industri Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud Saryadi mengatakan, besarnya angka pengangguran disebabkan perubahan lingkungan kerja dan peluang bekerja.

“Nah pengangguran tersingkap ini tidak sedikit faktor yang memengaruhi. Kita bicara evolusi di dunia kerja, seperti pertumbuhan teknologi dan peluang bekerja,” jelas dia dalam Polemik MNC Trijaya di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (10/11/2018).

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial Anton J Supit mengungkapkan kendala lulusan ketika ini ialah digitalisasi. Pasalnya, peluang pekerjaan dapat digantikan oleh robot.

“Jadi kendala kita ketika ini ialah digitalisasi. Di Hongkong nanti 2025, 45% pekerjaan tersebut akan dipungut oleh robot lho,” papar dia.

Untuk itu, ia menyokong program Vokasi yang dilaksanakan pemerintah ketika ini guna membuat kemampuan sumber daya insan (SDM) bertambah dan dapat bersaing.

Sebagai informasi, angka pengangguran itu berasal dari edukasi SMK sebesar 11,24%, alumni SMA sebesar 7,95%, alumni diploma I/II/III sebesar 6,02%, alumni universitas sebesar 5,89%, alumni SMP sebesar 4,80% dan alumni SD sebesar 2,43%.

Bagikan Sekarang!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed