by

Tak Punya e-KTP, Bagaimana Coblos di Pilpres?

JAKARTA-Laporan sekaligus keluhan soal kesulitan bakal ikut mencoblos Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden (Pileg dan Pilpres) dari anggota masyarakat sudah banyak muncul. Terutama ketika calon pemilih tak punya e-KTP dan namanya tak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), mereka cari informasi agar tetap bisa mencoblos.

Kamis (15/11) pagi, sejumlah staf di Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, menyebutkan, seminggu ini sudah banyak calon pemilih yang mencari informasi ke Sekretariuat KPU DKI di Kantor KPU Jalan Imam Bonjol No .29 Jakarta. Mereka datang secara berkelomppok dan perorangan untuk menanyakan prosdedur pindah tempat memilih dalam Pileg maupun Pilpres mendatang.

“Bahkan kelompok mahasiswa Universitas Negeri Diponegoro Semarang, juga beberapa waktu lalu juga datang untuk menanyakan prosedur memilih di luar daerah tinggal masing-masing, ujar staf KPU mencontohkan.

Sebelum itu, beberapa mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dan sejumlah perguruan tinggi di Jakarta juga silih-berganti mencari tahu soal pindah tempat mencoblos pada 17 April 2019 mendatang. Seperti diberitakan media ini sebelumnya,  anggota Komisi I DPR, Lukman Edy sempat menjelaskan kepada wartawan sebelum ini, menghadapi kesulitan dan persoalan yang mendera pemilih pemula maka pihak KPU harus bisa memperluas sosialisasi kepada pemilih pemula (DUALINK.ID-edisi Rabu, 14 November 2019).

Beberapa mahasiswa yang sempat ditemui saat datang ke KPU RI Jakarta dan KUPD DKI di Jl Salemba Raya Jakarta, menerangkan, diri mereka masing-masing baru menyadari belum terdaftar dalam DPT setelah diberitahu rekan-rekannya beberapa waktu lalu. Padahal sebagian dari mereka belum punya e-KTP karena hilang, yang lain menyebutkan, gak punya E-KTP karena hanya punya Surat Keterangan Pengganti e-KTP (Suket).

“Saya datang ke kantor KPU, bertanya prosedur mengurus surat pindah memilih dan rekan saya karena tak terdaftar dalam DPT?” sebut seorang mahasiswi UI asal Sumatera Barat itu.

Tak Punya e-KTP

Sementara itu, pihak KPU Jakarta, menjelaskan, para mahasiwa yang datang itu dipesan tidak perlu khawatir. Mereka masih bisa memilih dalam Pileg dan Pilpres 2019. Caranya langsung datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada hari pencoblosan, bawa e-KTP-nya. Dikatakan, kemungkinan di lapangan nanti di TPS (Tempat Pemungutan Suara), petugas memberikan waktu di bagian sejam atau dua jam terakhir.

Bagi mahasiswa atau siapapun calon pemilih dalam kategori di atas, sesuai keterangan staf itu, mereka dimungkinkan baru bisa menyoblos di waktu terakhir pemberian suara, atau mulai pukul 12.00-13.00 siang pada hari H. Penjelasan yang sama juga diterima warga yang mendatangi kantor-kantor kelurahan, wilayah Serpong. Bahwa pemilih yang memiliki e-KTP tetapi tidak terdaftar dalam DPT, hanya bisa mencoblos sesuai dengan wilayah RT/RW alamat yang tertera di identitas.

Secara terpisah, Ketua KPU RI, Arief Budiman, menjelaskan saat penyuluhan kepada mahasiswa, semakin dekatnya hari pencoblosan, semakin banyak pula warga yang datang ke Sekretariat KPU Pusat yang dia pimpin. Selain itu, pihaknya juga pro-aktif  untuk memberikan penyuluhan kepada calon pemilih pemula.

Ditambahkan Arief Budiman, silahkan mengeceknya pada alamat website KPU: Website:http/www.kpu.go.id, disitu ada prosedur dan petunjuknya. Dengan mengklik sistem informasi itu, semua warga negara bisa mengecek masing-masing namanya sudah masuk atau belum dalam DPT. Intinya, semua penduduk WNI, walau tidak punya e-KTP, berhak memberikan hak suaranya di TPS.

Contoh lain, mereka yang belum punya e-KTP, tetapi merupakan penduduk Jakarta dan memiliki KTP biasa beralamat di DKI Jakarta, maka tinggal meminta surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat. Selanjutnya, nanti mereka tinggal datang ke TPS dengan membawa surat tersebut disertai membawa Kartu Keluarga.(Djoko Sahid)

Kontak KPU RI di Jakarta:

  1. Jl. Imam Bonjol No.29 Jakarta 10310
  2. Tlp. 021- 31937223 , Fax. 021-3157759
  3. info@kpu.go.id
  4. Website:http/www.kpu.go.id
Bagikan Sekarang!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed