by

Dua Isue Terpa Chelsea: Kante dan Giroud Diminati Klub Pesaing

LONDON – Di bawah manajer baru, Maurizio Sarri, kini klub sepak bola Chelsea punya trend naik dalam team work pemain. Bersamaan dengan itu, klub warna Biru tersebut juga diterpa dua isu secara bersamaan. Isu itu bisa dinilai positif tapi sebagian pengamat bola juga memandangnya sebagai hal yang negatif.

Yakni menyangkut dua pemain andalannya, N’Golo Kante dan Olivier Giroud. Kante diisuekan banyak diminati klub raksasa lain dan di sisi lain penyerang Chelsea, Giroud dikabarkan tidak betah menjadi penyerang bagi klub yang dipimpin Maurizio Sarri. Persoalannya, manajer Chelsea yang dinilai prestasi bersama Napoli itu, telah bertekad membawa Chelsea dengan filosofi sepak bola menyerang dan dinamis. Dua prinsip itu membawa konsekuensi membentuk tim solid, dengan pemain-pemain yang bersedia kerja keras. Karena pendekatan itu pula yang menjadi pematik Direktur Chelsea, Marina Granovskaia, memboyong Maurizio Sarri dari Italia ke dataran Chelsea, Inggris.

Kini dengan isue itu, baik Maurizio Sarri maupun Marina Granovskaia telah mengkhawatirkan mengubah team work pemain yang sudah dinilai kondusif dan relatif solid. Bila salah satu pemain atau lebih harus terkena isue hengkang ke klub lain, kata Maurizio Sarri, tentu manajemen klub mengkhawatirkan dapat berpengaruh pada psikologi pemain tersebut.

Sementara secara terpisah, Direktur Chelsea, Marina Granovskaia mengungkapkan, sejak Maurizio Sarri masuk menjadi manajer baru Chelsea, pihaknya menyambut dengan sangat senang dan menantikan perwujudan filosofi sepakbolanya ke Chelsea. Jika di tengah kompetisi muncul isue yang menerpa pemain, maka isue bongkar –pasang pemain juga dinilai kurang menguntungkan. Untuk itu, menurut Direktur Chelsea, mempertahankan dan meningkatkan kualitas perseorangan maupun tim adalah menjadi tekad Sarri.

“Sarri memainkan sepakbola paling menarik di Eropa, terkesan dengan pendekatan menyerangnya dan dinamisme mereka, dan metode pelatihannya secara signifikan memberi peningkatan ke para pemain,” lanjut direktur ini.

Seperti diberitakan media massa, Sarri datang untuk menggantikan Antonio Conte, yang pada bulan Juli lalu tepatnya Hari Jumat (13/7/2018) dipecat setelah bekerja selama dua tahun di Chelsea. Conte gagal membawa The Bleus merebut tiket Liga Champions dengan hanya finis di posisi kelima Premier League.

“Kante bisa saja mendapat gaji lebih besar dari klub peminatnya seperti Barcelona dan Paris St-Germain atau MU,” tegas kata Maurizio Sarri saat dikonfirmasi wartawan.

 Bantahan Giroud

Mengenai isue Olivier Giroud, ia yang diwancarai secara terpisah, membantah spekulasi terkait peluang hengkang dari Chelsea. Giroud dengan lantang menyatakan, masih ingin membuktikan diri bersama Klub Biru tersebut. Ia memang sempat mengakui, sejak bergabung dengan Chelsea tengah musim lalu, memang belum menunjukkan performa terbaiknya. Hal itu ia sadari, hingga membuat dirinya lebih sering dirotasi dengan Alvaro Morata di lini depan.

Pada musim ini di era Maurizio Sarri, striker 32 tahun tersebut baru tampil empat kali sebagai starter di ajang Premier League. Sebaliknya, Morata yang berposisi sama dengan Giroud sudah tampil delapan kali sebagai striker utama. Membaiknya penampilan Morata juga menjadi sering menepinya Giroud. Belakangan Giroud dikabarkan bakal menyeberang ke klub Italia pada musim depan.

Namun demikian, Giroud mengaku tidak mesalah dengan segala isue tersebut. Karena ia sudah terbiasa dalam posisi seperti ini. Yang penting, kata Giroud, dirinya akan selalu tampil sebaik mungkin ketika dipercaya baik sebagai starter maupun pemain pengganti. Ia mengungkapkan, dengan ditempatkan sebagai sala satu pemain dalam skuadron timnas Prancis adalah sebagai bukti bahwa dirinya tetap pemain yang selalu siap bersaing dalam klub Premier League.

“Apakah saya mempertimbangkan untuk pergi dari Chelsea, demi mempertahankan posisi di timnas Prancis? Saya merasa ada di posisi yang sama beberapa bulan lalu, saat ditanya yang sama sebelum Piala Dunia,” tegas Giroud kepada wartawan Telefoot.

Kini Giroud menyatakan, tetap tenang dan senang dengan titel Piala Dunia. Ia tidak perlu membuat dirinya lebih tertekan dengan kondisi sekarang. Karena itu, ia bertekad siap bersaing dan ingin lebih sering bermain. Sebaliknya, ia sangat menyadari berada dalam klub yang sangat besar dengan banyak pemain hebat lainnya.(oko)

Penulis dan Editor: Djoko Sahid

Bagikan Sekarang!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed