by

Bursa Kerja Tangsel Buka 7.392 Lowongan

TANGERANG SELATAN – Sebanyak 7.392 lowongan kerja dibuka dalam Job Fair/Bursa Kerja tahun 2018 selama tiga hari. Namun hingga Jum’at (23/11) sore, peluang yang disediakan 53 perusahaan tersebut baru terisi 28 % saja, atau baru diminati sekitar 2.100 pelamar kerja. Sehingga peluangnya masih terbuka 72 % bagi pencari kerja di Kota Tangsel dan sekitarnya.

“Besok Sabtu, para pencari kerja masih punya waktu. Diharapkan warga yang ingin bekerja di perusahaan swasta maupun BUMN segera mengunjungi acara Job Fair ini, karena peluang kerja masih tersedia banyak,” harap Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja (P2K2) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Tangsel, Ny Neni Sumiati saat ditemui di sela acara Job Fair 2018 tadi.

Menurut Neni, pihaknya belum mengetahui sebab minimnya minat pencari kerja dalam semester kedua (November) ini. Karena biasanya Job Fair yang diselenggarakan pada semester pertama (Juli), pelamar kerjanya selalu membludak (banyak). Disnakertrans Kota Tangerang memiliki agenda rutin seperti ini sebanyak dua kali setahun, pada Juli dan November.

Baca juga:
Andika Resmi Gantikan Mulyono

Acara yang dibuka Wakil Walikota Tangsel, Drs H Benyamin Davnie ini, dari pantauan wartawan DUALINK.ID di lapangan, menunjukkan pengunjung sudah relatif banyak. Pengunjung tampak berjubel sejak dibuka, namun mereka tidak semua memasukkan surat lamaran kerja. Saat itu mereka hanya terlihat mencari informasi di sejumlah stan penyedia lapangan kerja.

“Saya bertanya-tanya dulu saja, mas. Ternyata sebagian besar peluang yang saya tanyakan, tidak menerima tenaga kerja yang pengin kuliah seperti saya,” ungkap Sugeng Hariadi asal Kelurahan Sawah Baru Kecamatan Ciputat ini.

Lain lagi dengan Puteri Avriani asal Pondok Cabe Udik Kecamatan Pamulang, tidak jadi memasukkan surat lamaran kerja karena ditolak lebih awal. Lulusan SMK tahun 2017 di Tangsel itu, sebenarnya tertarik untuk memasuki peluang kerja yang dibuka PT Viola Aviation (VA). Tapi ada syarat tinggi badan bagi wanita minimal 157 cm, sedangkan Puteri mengaku punya tinggi  badan 153 cm.

Keluhan Puteri memang dibenarkan Direktur Utama PT VA, Harno Soeharno, S.Sos. Karena perusahaannya mensyaratkan tinggi badan bagi wanita 157 cm dan pria 165 cm. Tenaga kerja (naker) yang lolos rangkaian tes PT VA, bakal ditempatkan sebagai Staf Bandara Soehkarno-Hatta Cengkareng. Perusahaan ini bermitra dengan BUMN Gapura Angkasa yang berada dalam naungan Lembaga PT Angkasa Pura (Persero).

“Kami membutuhkan tenaga yang handal profesional dan memiliki tinggi badan ideal. Karena mereka bakal bertugas melayani orang di Bandara Soekarno-Hatta,” ungkap Harno.

Sementara itu dari pantauan di lapangan tadi siang, Walikota Tangsel, Hj Airin Rachmi Diany SH, MH, MKn, terlihat mengunjungi acara Bursa Kerja ini. Ia meninjau satu per satu stan dari masing-masing perusahaan yang menjadi peserta acara ini. Ketika di lokasi Job Fair, Walikota Airin tidak memberikan kata sambutan secara formal. Ia langsung berkeliling memasuki stan-stan yang membuka bursa kerja. Airin juga sempat berdialog dengan pengunjung dan petugas di stan yang membuka bursa kerja.(oko)

Penulis dan Editor: Djoko Sahid

Bagikan Sekarang!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed