by

Liverpol Taklul 2-1, Posisinya Kian Sulit

PARIS – Akhirnya Neymar Junior bisa membuktikan sebagai pemain kunci yang penting bagi Paris St. Germain (PSG). Ia sukses mengantarkan klubnya membuka peluang menuju kans babak 16 besar Liga Champions musin ini. Bertanding di Parc des Princes dengan status sebagai tuan rumah, PSG berhasil menaklukkan Liverpool 2-1 pada matchday ke-5 Grup C Liga Champions, Kamis (29/11) dini hari tadi..

Kemenangan tersebut adalah hasil Juan Bernat menciptakan gol pada menit ke-13 dan disusul Neymar menambah gol di menit ke-37. Namun pemain Liverpool berhasil memperkecil kekalahannya dengan gol James Milner pada menit ke-46 dari tendangan penalti. Dengan hasil ini, kini justru Liverpool yang berada pada posisi kurang beruntung setelah pertandingan tadi.  Padahal pada pertemuan sebelumnya di Anfield, Liverpool sukses menumbangkan PSG dengan skor 3-2.

Pemain PSG secara kolektif tampil lebih dominan dalam menciptakan peluang. Tim tuan rumah, punya delapan tembakan tepat target dari 12 percobaan, seperti dicatat UEFA. Sedangkan pemain Liverpool secara keseluruhan hanya bisa melakukan sekali tembakan tepat sasaran. Sedangkan seluruh tendangan yang mengarah ke gawang sebanyak total tujuh tembakan yang dilepaskan.

Satu-satunya yang mengarah ke gawang itu adalah penalti James Milner. Liverpool tak bisa mencetak gol lagi untuk menyamakan kedudukan dalam 45 menit kedua. Kali ini Liverpool menelan kekalahan ketiganya di grup atau yang kedua beruntun, setelah tiga pekan lalu ditaklukkan Red Star Belgrade 0-2.

Neymar dkk berhasil menempatkan PSG dalam posisi yang lebih diuntungkan terkait peluang lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim ini. Sebaliknya menyebabkan Liverpool semakin sulit melaju ke 16 besar. Liverpool bisa saja lolos, asalkan menang pada matchday keenam melawan Napoli.

Agar bisa lolos ke babak 16 besar, ada tiga peluang bagi Liverpool. Yakni Liverpool harus bisa mengalahkan Napoli dengan selisih minimal dua gol, tak peduli hasil apapun yang diraih PSG saat melawan Red Star. Karena Liverpool akan menyingkirkan Napoli dengan keunggulan head-to-head karena hanya kalah 0-1 di San Paolo pada matchday berikutnya.

Neymar Belum Fit

Peluang kedua, Liverpool bisa juga masih lolos ke babak berikutnya, dengan hasil menang 1-0 atas Napoli. Sebab Liverpool bakal unggul dalam jumlah gol yang dicetak. Kini Liverpool sudah membukukan delapan gol, sedang Napoli baru tujuh gol. Namun jika Liverpool hanya bisa menang 2-1, maka Napolilah yang bakal lolos karena keunggulan gol tandang.

Berikutnya, skenario peluang ketiga yakni Liverpool bisa lolos babak 16 besar lewat kemenangan dengan skor berapapun asalkan PSG memetik hasil imbang lawan Red Star pada laga akhir. Sehingga ketiga tim teratas nantinya akan sama-sama memiliki nilai sembilan. Namun Liverpool bakal lolos sebagai juara grup karena unggul jumlah poin dalam klasemen mini yang melihatkan PSG dan Napoli, serta tidak mengikursertakan hasil melawan Red Star.

Dalam pertandingan dini hari tadi, pelatih PSG menurunkan Neymar sejak menit awal. Hal itu sebagai jawaban Neymar sebagai pemain penting, setelah mengalami cedera dan sempat absen latihan. Dalam pertandingan itu sebenarnya Neymar sendiri mengaku, belum fit kondisi kebugarannya. Mantan pemain Santos dan Barcelona tersebut baru saja pulih dari cedera dan sempat mengalami masalah pada engkelnya saat membela Timnas Brasil beberapa waktu lalu. Meskipun begitu Neymar menunjukkan penampilan yang luar biasa. Satu gol itu membuatnya menjadi pemain Brasil tersubur di Liga Champions.

Seusai pertandingan, Neymar mengungkapkan, dirinya terdorong agar tetap bisa bermain,. Karena harus membantu PSG melewati hadangan Liverpool dalam misi lolos ke babak 16 besar. Neymar menilai pertandingan dini hari tadi sebagai momen yang sangat penting. Jadi cedera atau tidak, ia bersikeras harus berada di sana.

Susunan pemain:

PSG: Gianluigi Buffon; Marquinhos, Thiago Silva, Presnel Kimpembe; Thilo Kehrer, Marco Verratti, Angel Di Maria (Dani Alves 65′), Juan Bernat; Kylian Mbappe (Adrien Rabiot 85′), Neymar, Edinson Cavani (Choupo-Moting 65′)

Liverpool: Alisson; Joe Gomez, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; James Milner (Xherdan Shaqiri 79′), Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum (Naby Keita 66′); Mohamed Salah, Sadio Mane, Roberto Firmino (Daniel Sturridge 71′).(oko)

 

Bagikan Sekarang!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed