by

Pemda Lumajang Serius Garap Obyek Wisata TNBTS

Bupati Lumajang Drs. Thoriqul Haq MML dan Wabup Bunda Ir. Indah Amperawati MSi ketika di Puncak B 29

 

Pemda Lumajang bersemangat mengelola objek wisata di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Setidaknya ada 17 titik yang direstui Pemerintah Pusat untuk dikelola Pemda Lumajang. Antara lain Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Kumbolo, Puncak B-29, Ireng Ireng dan lokasi lain.

Bupati Lumajang Drs. Thoriqul Haq M.ML dan Wakil Bupati Ir. Bunda Indah Amperawati MSi terus melobi berbagai pihak agar ikut mengelola objek wisata tersebut.

Antara lain dana CSR BRI Pusat dialokasikan untuk pengembangan wisata Ranu Pani dengan cara menggali ranu yang mengalami pendangkalan. Dana CSR BRI senilai Rp 7,5 miliar, kata Bunda Indah Amperawati.

Di sekitar kawasan ranu nanti akan dibangun panggung kesenian terbuka sehingga masyarakat bisa menikmati sajian kesenian baik berupa tari maupun kesenian lainnya.

Bupati Thoriqul Haq dalam berbagai kesempatan menjelaskan selain Ranupani didalamkan kembali, juga lingkungan sekitar Ranu Pani akan ditata. Misalnya dibangun trotoar dengan cara memugar pagar rumah warga agar jalan bagi pejalan kaki lebih lebar dan wisatawan aman.

Untuk menghindari terjadinya erosi lanjut Bupati Thoriq lingkungan sekitar Ranu akan dilakukan penghijauan kembali atau reboisasi. Selama ini sekitar Ranu Pani hutannya gundul karena ditebang masyarakat.

Harapan reboisasi itu tidak terjadi erosi sehingga Ranu Pani tidak mengalami pendangkalan.

Untuk menggarap semua objek wisata yang sudah direstui pemerintah Pusat Bupati Lumajang mengajak semua pihak mengembangkan kawasan wisata yang berada di atas ketinggian 1500-2500 meter diatas permukaan air laut.

Desa Di Atas Awan
Salah satu objek wisata yang menarik di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah puncak B29.

Baca juga:
Polres Canangkan Pembangunan Zona Integritas

Wisatawan yang datang ke tempat ini merasa bahwa dirinya Tengah berada di atas awan karena lembah yang ada di kawasan bawah semua terisi awan putih sehingga setiap orang merasa berada di atas awan persis naik pesawat.

Dari kawasan ini wisatawan bisa melihat indahnya Puncak Gunung Bromo dan lautan pasir. Banyak wisatawan datang ke tempat ini untuk melihat matahari terbit pagi hari.(har/*)

Bagikan Sekarang!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed