by

Layanan Lazismu, Beasiswa sampai Kaki Palsu

Diantar pengurus Lazismu Kab. Lumajang & Lazismu Propinsi sedang menunggu pemasangan kaki palsu di Mojokerto

DuaLink.id: Lumajang- keberadaan Lembaga Amil Zakat Infaq Sodaqoh (Lazismu) di Kabupaten Lumajang benar-benar dirasakan masyarakat. Program yang dicanangkan menyentuh kebutuhan warga.

Kuswantoro Bagian Fundraising Amil menjelaskan, ada lima program yang dikembangkan Lazismu Kabupaten Lumajang

Yaitu bidang kemanusiaan, pendidikan, dakwah, kesehatan, dan ekonomi.

Dalam bidang kemanusiaan misalnya Lazismu meringankan warga ketika ada bencana alam. Salah satunya melakukan bedah rumah.

Terrmasuk dalam bidang ini program peduli sahabat disabilitas memberi kursi roda, kaki palsu, dan lain-lain

Direktur Lazismu Kabupaten Lumajang Haji Muari MM menjelaskan bahwa di bidang pendidikan telah memberi beasiswa dan beasiswa pada anak didik dan memberi memberikan insentif terhadap guru-guru di sekolah Muhammadiyah

Progran lain yang dikembangkan oleh Lazismu menurut Sekretaris Lazismu Said Rondhon adalah bidang dakwah yaitu mengadakan pengajian Ahad pagi dan pengajian keliling. Seidang bidang kesehatan melakukan operasi hernia dan gagal ginjal. Bidang ekonomi memberikan bantuan kepada fakir miskin

Kaki Palsu

Yang dirasakan oleh warga penerima bantuan Lazismu antara lain pemasangan kaki palsu. Antara lain dialami Fahri anak kelas 5 SD di Kecamatan Tempursari

Fahri diantar ke Mojosari Mojokerto. Persisnya ke rumah Sugeng untuk mendapatkan layanan kaki palsu. Setelah dipasang wajah Fahri tampak senang dan ingin segera latihan berlari

Ke depan sebagaimana diungkapkan oleh Wakil Bupati Lumajang Bunda Indah Amperawati peran Lazismu perlu terus ditingkatkan di tengah masyarakat supaya lebih banyak lagi yang mendapat layanan

Hal itu disampaikan di Pendopo ketika menyerahkan kursi roda kepada sejumlah penyandang disabilitas. Saya mengapresiasi program Lazismu, katanya.

Warga disabilitas hidup dengan segala kesulitan dan keterbatasan. Program Sahabat Disabilitas yang digulirkan Lazismu semakin hari semakin nyata manfaatnya yang diberikan.

Baca juga:
Polres Canangkan Pembangunan Zona Integritas

Sabtu 18/01/2020, Lazismu Lumajang bekerja sama dengan PPDI (Persatuan Penyandang Disabiltas Indonesia) membawa Fahri Akbar dan 6 (enam) warga disabilitas lainnya untuk pengukuran kaki palsu ke luar daerah.

Pagi hari itu bersama rombongan Lazismu, Fahri menuju ke pusat produksi kaki palsu yang berada di kabupaten Mojokerto, tepatnya di Bengkel Kaki Palsu Sugeng Siswoyudoh atau di kenal dengan “Than Must Soegenk” di jalan Airlangga kauman Gg 3 No 33 Mojosari.

Winarsih, ibunya, sangat bersyukur dan berterimakasih atas bantuan kaki palsu yang selama ini sangat diidamkan kini sudah bisa dimiliki oleh anaknya. Winarsih pun meneteskan air mata sambil beberapa kali mengucap syukur ketika melihat Fahri, sang buah hatinya, bisa berjalan layaknya anak normal lainnya. Suasana bahagia bercampur haru dirasakan oleh semua yang hadir melihat Fahri bisa berjalan dengan normal, tak terkecuali para Pengurus Lazismu dan aktivis PPDI.

M Khotib selaku perangkat desa Bagian Kesra yang ikut mendampingi mengatakan bahwa program ini sangat membantu warga di desanya, khususnya bagi disabilitas yang selama ini tidak terbantukan. Ia memberikan apresiasi terhadap upaya Lazismu untuk membantu Fahri guna mendapatkan kaki palsu mulai dari survei ke rumah anak itu dengan medan yang cukup menantang di pelosok kabupaten Lumajang, hingga mengantarnya ke tempat pembuatan kaki palsu.

“Upaya teman-teman Lazismu ini sangat bermanfaat dan mudah-mudahan lelah yang dilakukan selama ini menjadi lillah” kata Khotib.

Ali Muslim, Ketua PPDI Lumajang mengatakan, “Sinergi Lazismu dan PPDI sering dilakukan khususnya untuk penanganan warga Desabilitas. Hal ini memang perlu kita lakukan agar semakin banyak menolong saudara-saudara kita, warga disabilitas yang tidak mampu. Semakin banyak bergandeng tangan maka semakin banyak pula yang akan tertolong” tandasnya. (har)

Bagikan Sekarang!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed