by

WHO: Darurat Kesehatan Dunia

DuaLink.id: Jakarta- Menyikapi perkembangan penyebaran dan penanggulangan virus corona, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan situasi darurat kesehatan dunia.

WHO mengkhawatirkan potensi bahaya (penularan) corona ke negara-negara dengan sistem kesehatan yang lebih lemah. Negara demikian tentu rentan terhadap penyebaran virus yang dapat menular melalui udara, seperti virus corona ini.

Pejabat WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam sebuah pengarahan di Jenewa seperti dikutip detik.com dari AFP, Jumat (31/1/2020), menyatakan bahwa keputusan mengumumkan situasi itu setelah China melaporkan lonjakan angka kematian terbesar dalam sehari.

Tedros menyebut alasan utama dari deklarasi ini bukan karena apa yang terjadi di China. Ini karena virus corona menyebar hingga ke belasan negara. “Kita semua harus bertindak bersama-sama untuk membatasi penyebaran. Kita hanya bisa menghentikannya bersama-sama,” tuturnya.

Dikutip dari South China Morning Post, Komisi Kesehatan Provinsi Hubei melaporkan 42 kematian baru, 30 di antaranya ada di Wuhan, China. Sebanyak 1.220 kasus baru dikonfirmasi ada di 17 kota. Dengan demikian total yang terjangkit virus itu mencapai 9.356 orang, sedangkan yang meninggal sebanyak  213 orang per hari ini, Jumat (31/1).

Saat ini virus itu bukannya hanya menyebar dari binatang ke manusia, melainkan juga dari manusia ke manusia. Dengan penyebaran antar manusia ini, tidak heran jika daya jangkau penyebarannya sangat cepat dan melintas antar benua. Sejauh ini telah ditemukan pasien terinfeksi setidaknya di 13 negara, yaitu China/Hong Kong, Taiwan, AS, Australia, Perancis, Kanada, Nepal, Vietnam, Singapura, Thailand, Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang .

Corona sebenarnya kelompok besar virus yang umum ada di antara hewan. Dalam kasus yang jarang terjadi, seperti sekarang ini, ilmuwan menyebutnya zoonosis. Virus dapat menyebar dari hewan ke manusia, yang pada perkembangan berikutnya dari manusia ke manusia. (YOK)

Bagikan Sekarang!
Baca juga:
“Presiden Jokowi Tak Cintai Rakyat”

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed