by

Menanam Harapan di Pilkada Banyuwangi

-Daerah, Opini-134 views

Oleh: Moh. Husen

DUALINK.id-Hari berganti hari hingga tahun berganti tahun, tak terasa rasanya masyarakat Banyuwangi pada 23 September 2020 mendatang akan kembali memasuki sebuah pesta demokrasi dimana mereka akan menentukan pemimpin Banyuwangi untuk lima tahun mendatang.

Usai Launching Pilkada Banyuwangi digelar oleh KPU, mungkin sembari ngopi dan menikmati hawa yang mulai agak dingin, kita sebagai masyarakat yang baik perlu juga semacam iseng-iseng sedikit demi sedikit mendiskusikan mengenai pemimpin terbaik untuk Banyuwangi.

Dari diskusi demi diskusi kecil itu, mungkin perlu juga dilanjut secara santai dengan berbisik pelan-pelan kepada Tuhan: “Wahai Dzat Yang Maha Memberi Petunjuk, tuntunlah kami untuk menemukan pemimpin yang terbaik…”

Meskipun sederhana dan kecil, diskusi dan doa semacam itu merupakan proses nyata dalam menancapkan benih-benih kebahagiaan dan kesejahteraan yang semoga bisa terkabul melalui hajat pesta demokrasi mendatang. Saya yakin kecanggihan teknologi hari ini merupakan doa dan harapan kakek nenek kita di masa silam yang senantiasa mendambakan kelancaran masa depan anak cucunya.

Apalagi jika lahir pemimpin penyejahtera kebahagiaan rakyatnya, pasti salah satunya merupakan hasil dari tumbuh kembangnya harapan-harapan, langkah-langkah, hingga doa-doa dari hari-hari kemarin, bahkan mungkin sangat kemarin. Demikianlah mekanisme sebuah proses dalam kehidupan. So, jangan pernah ragu menanam harapan karena suatu saat insya Allah akan lahir, tumbuh, dan berkembang.

Kita semua tahu bahwa dalam menentukan pilihan apa saja diantara kita biasanya penuh dengan perbedaan. Dari milih besok pagi kita ngopi dimana hingga besok dalam bilik suara kita akan memilih siapa, tentunya penuh dengan ragam perbedaan yang tidak bisa dipaksakan. Harapannya tentu saja jangan sampai ada pertengkaran. Saling rukun dan damai diantara kita semua dalam menyongsong Pilkada serentak di tahun 2020 ini.

Baca juga:
Bermodal Bismillah Akhirnya Masjid Megah Pun Selesai

Tentu saja hendaknya mulai sekarang harapan Pilkada damai itu mulai kita cicil. Selain dengan tabungan ditingkatkannya rasionalitas dan ilmu, juga sangat penting yakni peningkatan silaturahmi dan komunikasi yang baik diantara kita semua. Kalau pakai pesan para juru dakwah: jangan pernah kita lelah sedikitpun untuk senantiasa menaburkan contoh-contoh kebaikan dan kedamaian.

So, apa harapan kita dalam moment Pilkada kali ini? Marilah kita tanam harapan kita masing-masing. Jangan sampai tak menanam. Semoga kelak tumbuh dan berkembang.

(Banyuwangi, 24 Februari 2020)

Bagikan Sekarang!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed