by

Hadapi Virus, 11 Makanan Ini Tingkatkan Imunitas

DUALINK.id – Hingga sekarang, belum ditemukan obat atau vaksin untuk menghadang serbuan virus Corona. Agar terhindar, salah satu cara preventif adalah meningkatkan sisitem kekebalan (imunitas) tubuh. Salah satu cara menjaga sistem imunitas tetap kuat adalah memberi makan tubuh.

Nah, berikut ini 10 makanan penguat sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari serangan bibt penyakit termasuk virus corona.

  1. Jeruk

Tak perlu beli tablet vitamin C jika merasa tidak enak badan. Makan saja jeruk yang kaya vitamin C alami. Vitamin C membantu membangun sistem kekebalan tubuh Anda, dengan cara meningkatkan produksi sel darah putih yang memerangi infeksi. Buah jeruk yang populer antara lain: jeruk bali, jeruk keprok, jeruk lemon, jeruk nipis, dan sejenisnya. Hampir semua buah jeruk kaya vitamin C. Karena tubuh tidak memproduksi atau menyimpan vitamin C, maka kita perlu memasukkannya lewat makanan haria untuk kesehatan berkelanjutan.

  1. Bawang putih

Coba lihat dapur Anda, hampir pasti ada bawang putih. Bukan hanya memperlezat masakan, bawang putih juga bagus untuk kesehatan. Bawang putih bisa mengatasi infeksi, membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah. Kandungan senyawa belerang, termasuk allicin, membuat bawang putih membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Jahe

Sering digunakan saat badan terasa tidak nyaman. Jahe membantu mengurangi peradangan, mengurangi sakit tenggorokan dan radang lainnya. Jahe juga mengurangi mual, mengurangi rasa sakit kronis, dan menurunkan kolesterol.

  1. Bayam

Seperti jeruk, bayam kaya vitamin C. Selain itu, bayam kaya antioksidan dan beta karoten yang dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi. Untuk meningkatkan sifat sehatnya, jangan memasak bayak terlalu lama. Ceburkan bayam setelah air mendidih, lalu angkat. Ini agar bisa mempertahankan kandungan nutrisinya.

  1. Yogurt
Baca juga:
Ponpes Amanatul Ummah Bagi-bagi 60.000 Sak Beras & 40.000 Sarung Ke Masyarakat Sekitar

Di dalam yogurt ada ‘kultur hidup dan aktif’ yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh melawan penyakit. Lebih baik yogurt tawar daripada yang sudah ditambahi banyak gula. Jika ingin rasa manis, tambahkan jus buah sehat atau sedikit madu. Yoghurt juga kaya vitamin D yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh alami.

  1. Kunyit

Rempah berwarna kuning dan rasanya pahit ini telah lama digunakan sebagai antiinflamasi untuk merawat osteoartritis dan artritis reumatoid. Konsentrasi tinggi curcumin, yang memberikan kunyit warna khas kuning, dapat mengurangi kerusakan otot akibat kerja berlebihan.

  1. Teh

Baik teh hijau dan hitam kaya antioksidan jenis flavonoid. Teh hijau juga punya epigallocatechin gallate (EGCG), antioksidan kuat. EGCG terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Dalam teh hitam, proses fermentasi menghancurkan EGCG. Teh hijau, yang hanya dikukus dan tidak difermentasi, bisa mempertahankan EGCG. Teh merupakan sumber asam amino L-theanine yang membantu produksi senyawa pelawan kuman di sel-T.

  1. Pepaya

Buah ini kaya vitamin C. Makan setengah buah papaya bisa mencukupi kebutuhan vitamin C harian. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan papain yang memiliki efek anti-inflamasi. Pepaya memiliki cukup kalium, vitamin B, dan folat yang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

  1. Unggas

Ayam, bebek, kalkun, dan sejenisnya. Saat sakit, sup ayam bisa meringankan gejala pilek dan gangguan pernafasan, juga membantu melindungi tubuh dari sakit. Makanan ini kaya vitamin B-6. Vitamin B-6 pemain penting dalam banyak reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh. Ini juga penting untuk pembentukan sel darah merah yang baru dan sehat. Kaldu dari rebusan tulang ayam mengandung gelatin, kondroitin, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk penyembuhan dan kekebalan tubuh.

  1. Biji bunga matahari
Baca juga:
Info Jantungan Disuruh Batuk Itu Hoax

Meski sederhana, biji bunga matahari penuh nutrisi. Ada fosfor, magnesium, vitamin B-6, dan sangat kaya vitamin E. Vitamin E ini antioksidan kuat dan penting dalam memelihara fungsi sistem kekebalan tubuh.

  1. Hewan Laut

Khususnya; kepiting, remis, lobster, kerang. Selain meningkatkan sistem kekebalan, hewan laut ini juga kaya zinc. Tubuh kita sangat butuh zinc agar sel-sel kekebalan dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Tapi, jangan terlalu banyak zinc karena justru dapat menghambat fungsi sistem kekebalan tubuh.

Bagikan Sekarang!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed