by

Hadapi Virus, Ayo Tingkatkan Imunitas Tubuh

DUALINK.id – Saat virus Corona sudah menyebar ke berbagai penjuru dunia dan sudah meminta korban nyawa, salah satu cara preventif untuk mengatasinya adalah meningkatkan sistem kekebalan (imunitas) tubuh. Secara umum, sistem kekebalan tubuh melakukan pekerjaan luar biasa dalam membela Anda melawan mikroorganisme penyebab penyakit.

Tetapi, sistem imunitas kadang gagal. Bibit penyakit (dalam bentuk kuman, bakteri, virus, toksin, dan lain-lain) bisa membuat Anda sakit. Pertanyaannya, apa mungkin kita secara sengaja meningkatkan sistem kekebalan diri sendiri?

Mungkin saja. Artikel yang diterbitkan Harvard Medical School di situs Harvard Health Publishing menegaskan kita bisa membantu diri sendiri meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lalu, apa saja yang kita dapat lakukan untuk meningkatkan sistem imunitas?

Gagasan untuk meningkatkan imunitas memang bagus. Tapi kemampuan untuk melakukannya kadang agak sulit karena beberapa alasan. Imunitas itu sistem, bukan entitas tunggal. Agar berfungsi dengan baik, dibutuhkan keseimbangan dan harmoni secara sistemik juga.

Masih banyak penelitian dilakukan tentang seluk-beluk dan keterkaitan respon imun. Para peneliti masih mengeksplorasi efek diet, olahraga, usia, tekanan psikologis, dan faktor-faktor lain pada respon imun. Yang pasti, cara terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan adalah dengan strategi hidup sehat.

Setiap bagian dari tubuh Anda, termasuk sistem imunitas, akan berfungsi lebih baik ketika oleh strategi hidup sehat. Strategi itu yakni:

  • Jangan merokok. Asap dan nikotin yang masuk ke paru dan menyebar ke sel-sel tubuh bisa menghambat asupan oksigen. Tanpa atau kekurangan oksigen membuat sel tidak sehat. Bahkan, bisa menimbulkan kanker.
  • Makan banyak buah dan sayuran. Buah dan sayuran kaya anti-oksidan sehingga mencegah terjadinya kerusakan sel-sel tubuh.
  • Berolahraga secara teratur. Olahraga memicu peredaran darah lebih lancar sehingga pergerakan leukosit (sel darah putih pembunuh bibit penyakit) juga lebih lancar.
  • Jaga berat badan yang sehat. Berat badan berlebihan, atau kekurangan, bisa menambah beban kerja sistem imun.
  • Hindari minuman memabukkan. Dalam kondisi tertentu, alkohol bermanfaat. Dalam kondisi umum, alkohol bisa memabukkan dan merusak sistem kekebalan tubuh.
  • Tidur yang cukup. Saat tidur, tubuh secara otomatis menata diri dan memperbaiki diri dari bebragai kondisi kerusakan.
  • Sedapat mungkin hindari infeksi. Ada banyak jalan bagi bibit penyakit untuk menginfeksi tubuh kita. Yang paling sering adalah lewat sauran pernafasan, pencernakan, dan kulit. Maka, sering-seringlah mencuci tangan, pasang masker hidung jika perlu, memasak daging dengan seksama.
  • Cobalah meminimalkan stres. Pikiran adalah penentu utama kita udah sakit atau terus sehat. Jika pikiran stres, maka apa yang biasanya tidak memicu penyakit bisa tiba-tiba menjadi penyakit yang parah.
Bagikan Sekarang!
Baca juga:
Mahasiswa Tuna Netra Itu Berhasil Diwisuda

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed