by

Mengoptimalkan Zinc untuk Hadapi Virus Corona

DUALINK.id – Zinc (Seng) adalah unsur kimia dengan simbol Zn dan nomor atom 30. Di dalam kondisi kamar dalam rumah, Zinc berbentuk logam agak rapuh dengan warna biru-perak jika oksidasinya dihilangkan.

Apa hubungannya dengan virus Corona?

Situs kesehatan WebMD menyebut, Zinc termasuk mineral penting bagi tubuh dalam banyak hal. Untuk melawan serangan virus, Zinc bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat, membantu menyembuhkan luka, dan mendukung pertumbuhan normal.

Untuk flu dan gangguan saluran pernafasan, Zinc sudah menjadi pengobatan populer. Beberapa penelitian menemukan, tablet hisap Zinc dapat mengurangi durasi flu sekitar satu hari atau lebih, dan dapat mengurangi jumlah infeksi saluran pernapasan atas pada anak-anak.

Zinc juga membantu melawan infeksi dan menyembuhkan luka. Untuk mengobati ruam dan iritasi kulit, Zinc bisa dioleskan atau ditaburkan di lokasi luka. Begitu juga dengan borok, jerawat, dan kondisi sejenis. Zinc juga dipelajari untuk mengobati herpes, rematik, HIV, dan banyak lagi.

Kandungan Zinc bisa didapatkan dalam makanan alami atau suplemen. Sumber Zinc dalam makanan alami antara lain; daging merah, daging ayam, tiram, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan. Zinc juga sering diselipkan dalam beberapa tablet suplemen.

Situs medis MayoClinic menyebut, banyak pembicaraan tentang mengonsumsi seng untuk mengatasi gangguan virus pada pernafasan. Studi pada 1984 menunjukkan, suplemen Zinc bisa mencegah orang sakit. Sejak itu, penelitian telah menghasilkan pengetahuan berbagai macam dampak zinc terhadap gangguan pernafasan akibat virus.

Baru-baru ini, ada analisis dari beberapa penelitian yang menunjukkan Zinc bisa mengurangi durasi lama gangguan pilek hingga satu hari. Pilek disebabkan rhinovirus yang tumbuh dan berkembang biak di saluran hidung dan tenggorokan (sistem pernapasan atas). Zinc bekerja dengan mencegah virus itu berkembang biak. Zinc juga mengusir rhinovirus dari selaput lendir tenggorokan dan hidung.

Baca juga:
Dari Job Fair Tangsel: Perbankan dan Elektronika Dibanjiri Pelamar Kerja

Meski demikian, perlu penelitian lebih dalam dan lebih jauh untuk memastikan manfaat Zinc untuk menangkal, menghambat, atau bahkan mengusir coronavirus. (*)

Bagikan Sekarang!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed