by

Tornado Dahsyat di Amerika Serikat, 25 Tewas

DUALINK.id – Nashville, kota yang menghasilkan sejumlah musisis besar termasuk Elvis Presley dan Dolly Parton, kini dihajar badai tornado. Rentetan angin putting beliung besar mengobrak-abrik Nashville dan kawasan sekitarnya pada Selasa (03/03) waktu setempat. Bencana alam di negara bagian Tennessee di Amerika Serikat ini menewaskan 25 orang, sejumlah lainnya cedera, dan puluhan rumah hancur.

Timothy Ghianni, wartawan Reuters, mengabarkan Gubernur William Lee memberikan konferensi pers dengan menyatakan jumlah korban tewas diperkirakan meningkat. Awak SAR menyisir gedung-gedung runtuh dan puing-puing untuk mencari orang yang hilang sekitar 15 jam setelah badai tornado mereda.

“Ini hari yang tragis, hari yang menyedihkan. Ada 25 kematian yang sudah dikonfirmasi,” kata Gubernur, Rabu (04/03) WIB di Nashville. “Saya berkeliling dan mengunjungi para korban. Saya berjalan melewati kawasan terdampak. Kehancuran ini sungguh memilukan. Luar biasa.”

Lee belum bisa memperkirakan berapa banyak orang yang masih belum ditemukan. Sementara, Layanan Cuaca Nasional mengatakan delapan tornado terjadi di negara bagian Missouri, Tennessee dan Kentucky. Yang terparah di Tennessee. Namun, belum jelas berapa banyak yang mendarat langsung di Nashville.

Dari 25 korban jiwa, diketahui 19 orang dari Putnam County di sebelah timur Nashville. Selain korban jiwa, setidaknya 30 orang terluka. Puluhan ribu orang kehilangan layanan listrik, dan 48 bangunan hancur di Nashville dan banyak lagi yang rusak.

“Cuaca buruk dan tornado berdampak pada beberapa kawasan di Tennessee. Wilayah dengan dampak terbesar antara lain Davidson, Wilson, dan Putnam,” kata Badan Manajemen Darurat Tennessee.

Nashville dihuni 691.000 orang, dan menjadi salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat di Amerika Serikat.

Presiden Donald Trump, lewat Twitter, menulis, “Doa untuk semua yang terkena dampak tornado dahsyat di Tennessee. Kami akan terus memantau perkembangan. Pemerintah Federal bersama Anda sepanjang selama masa sulit ini.”

Baca juga:
Gus Sholah Wafat di RS Harapan Kita

Gedung Putih mengatakan, Trump akan mengunjungi daerah-daerah yang hancur pada Jumat.

Bagikan Sekarang!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed