by

Ya Rasulullah, Saya Pingin Jadi Orang Adil

-Hikmah-335 views

Pemimpin yang Adil disenangi rakyatnya

 

DUALINK.ID: Ya Rasulullah, “ Aku mau menjadi orang yang adil.”

Baginda SAW menjawab, “ Kasihanilah manusia yang lain sebagaimana engkau kasihan pada diri sendiri, maka engkau jadi seadil-adil manusia.”

Di antara amalan ahli surga adalah berbuat adil dalam semua urusan. Baik adil kepada Allah, adil terhadap sesama makhluk, adil kepada orang yang berbeda keyakinan, adil kepada orang kafir, dan adil-adil lainnya.

Kata kunci dari semua itu adalah rasa kasihan. Kembangkan rasa kasihan kepada siapapun, maka Anda akan menjadi orang yang adil.

Suatu pagi. Ketika Rasul berangkat menuju tanah lapang, hendak shalat Hari Raya Idul Fitri. Di pojok jalan, nabi Saw melihat ada anak kecil duduk seorang diri. Raut mukanya bersedih. Nabi langsung mendekat, dan bertanya, mengapa bersedih.

Dia mengaku, tidak punya orang tua. karena kasihan, Nabi menawarkan, “Maukah Muhammad sebagai bapakmu, dan Aisyah sebagai ibumu? Anak tadi dengan senang hati menyatakan mau. Ayo mandi di rumah sana, dan minta pakaian kepada ibumu…”

Anak itu, langsung lari sambil berkata, “Rasulullah sebagai bapakku, dan Aisyah ibuku…”.

Apa yang dilakukan nab adalah contoh bahwa di hati nabi bertabur kasih sayang. “Barang siapa tidak punya kasih sayang di hatinya, dia tidak dikasihsayangi oleh Allah,” ujar nabi mantap.

Maka, perlu kita tanyakan, siapakah di antara kita yang di hatinya tidak tergerak melihat anak yatim, fakir miskin, dan orang terlantar? Jangan-jangan di hati kita hampa dengan kasih sayang. Orang yang demikian menurut nabi, tidak akan bisa berbuat adil.

Apalagi adil kepada yang lain. Misalnya, adil kepada Allah. Caranya? Jadilah orang yang pandai bersyukur dengan syukur yang benar, yaitu mendekat kepada Allah dengan posisi yang sedekat-dekatnya.

Baca juga:
Ya Rasulullah, Saya Ingin Jadi Orang Alim

Perbanyak ibadah. Jadi, orang adil kepada Allah pasti ahli ibadah, ahli fikir, dan ahli amal. Itulah insan kamil. (Abd. Hadi, Jember)

Bagikan Sekarang!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed