by

Jadi Orang Istimewa Di Hadapan Allah

-Hikmah-318 views

 

 

I

DUALINK.ID: Ada yang bertanya,” Ya Rasulullah, “Aku mau menjadi orang yang istimewa di sisi Allah.”

Rasulullah SAW menjawab,”Banyak-banyaklah zikrullah niscaya engkau akan jadi orang istimewa di sisi Allah.”

Memperbanyak zikrullah. Begitu pesan rasul. Kata zikir, menurut Prof. Dr. Quraisy Syihab adalah ingat dan menyebut nama Allah.

Ini merupakan pintu masuk menuju ridhoNya. Nabi pernah menegaskan, Allah cinta pada hamba yang lisannya selalu basah karena zikir kepada Allah.

Seseorang yang ingin memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi, hendaknyan memperbanyak zikrullah dalam setiap kesempatan. Zikrullah tidak hanya di masjid.

Zikrullah bisa dilakukan di mana saja di tempat baik, misalnya di tempat kerja, di perjalanan, di tempat belanja, dst. Singkatnya, jangan biarkan hati tidak mengalami kekosongan ingat kepada Allah.

Al Quran menganjurkan kita memperbanyak zikir kepada Allah pagi dan petang. Ada tujuh penjuru pintu taubat yang diterima Allah.

Di antaranya taubat melalui lisan, yaitu menyebut-nyebut asma Allah. Selebihnya taubat melalui mata, memperbanyak membaca Al Quran, atau melihat penuh kesadaran semua ciptaan Allah SWT.

Ada jalan lain, yaitu bertaubat dengan telinga, yaitu mendengarkan kalimat-kalimat yang baik. Taubat melalui tangan, melakukan hal-hal yang diridhoi Allah, taubat dengan kaki yaitu melangkah menuju tempat yang diridhoi Allah, dan taubat dengan hati, yaitu selalu ingat pada Allah.

Lisan dan hati, merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi. Yaitu, hati mengingat Allah, dan lisan menyebut namaNya.

Setiap ibadah yang kita lakukan, mengajarkan “daya ingat” kepada Allah. Coba renungkan, apa yang dilakukan oleh jamaah haji ketika wukuf? Mereka merenung tentang diri, mengingat dosa, mohon ampun, memperbanyak zikrullah, dan meminta diberi hidayah dan kekuatan iman serta diberi petunjuk ke jalan lurus.

Baca juga:
Tiada Perbuatan Tanpa Balasan

Allah dalam Al Quran bertanya kepada kita, “Aina tadhabuun?” (Akan pergi ke mana engkau manusia?).

Orang yang selalu ingat Allah memiliki dampak yang sangat dahsyat. Dia akan mendapatkan magfirah (ampunan), merasakan sakinah di hati (damai), munculnya sikap istiqomah (Kontinyu dalam kebaikan).

Juga muncul rasa khasyyah (sikap berani) menegakkan kebenaran, ada sikap ridho (menerima pada ketetapan Allah), tawakkal ( pasrah kepada Allah), dan taqwallah.

Itulah keistimewaan yang dirasakan oleh orang yang suka zikrullah. (*)

Bagikan Sekarang!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed