by

Anda Ingin Menjadi Orang Paling Kaya?

-Hikmah-251 views

 

 

 

 

 

DUALINK.ID: Ada orang bertanya,”Ya Rasulullah, Aku mau menjadi orang paling kaya.”

Baginda Rasul SAW menjawab,” Jadilah orang yang yakin pada dirimu sendiri maka engkau akan jadi orang paling kaya.

Coba kita samakan pemahaman tentang arti kata “kaya”. Menurut Nabi, “Yang dimaksud kaya adalah kaya jiwa”.

Kaya jiwa itu bisa berupa kaya hati, kaya semangat, kaya cita-cita, punya motivasi hidup, selalu optimis, urientasi hidupnya selalu ke depan bukan selalu menoleh ke belakang.

Orang yang hartanya banyak, tetapi nyalinya ciut berarti “miskin”. Orang yang semangatnya menyala-nyala dapat menghapus kesan “miskin” harta di mata orang lain.

Bangsa yang kaya adalah bangsa yang tidak suka ngemis kepada bangsa lain. Bangsa yang selalu mencari pinjaman kepada bangsa lain, pertanda masih melarat.

Begitu juga pribadi yang kaya adalah pribadi yang tidak suka mengeluh.

Dalam praktek, ada orang yang menerjemahkan kata kaya itu selalu bersifat materi. Dan, lagi kaya diukur dari sisi kuantitas, bukan kualitas.

Orang yang menilai kaya dari aspek harta hendaknya dilihat dari sisi kualitas. Maksudnya, kaya yang barokah.

Di antara keyakinan itu adalah diri kita  tercipta dengan sebaik-baik bentuk dengan kelengkapan tubuh yang sangat sempurna dan kaya.

Secara fisik, “harga” tubuh kita begitu mahal. Berapa harga nafas yang keluar masuk setiap detik?

Kalau dinilai dengan rupiah, harga tabung oxigen, per hari Rp 1 juta. Maka, dalam seminggu Rp 7 juta, dan sebulan Rp 30 juta, setahun Rp 365 juta.

Kalau satu tahun setengah sekitar Rp 0,5 miliar. Berapa umur kita sekarang? Dan berapa nilai nafas yang kita pakai selama ini?

Misalnya umur 30 tahun x Rp 0,5 miliar berarti harga nafas kita Rp 15 miliar. Masya Allah, begitu mahal…

Baca juga:
Raih Penghargaan Allah

Itu baru nafasnya, belum termasuk “mesin” tubuh kita, misalnya yang bernama jantung, ginjal, hati, lambung, paru-paru, mata, telinga, dan organ tubuh yang lain.

Berapa puluh miliar bahkan ratus milar harga semuanya itu? Ketika seseorang melakukan operasi cangkok hat biayanya sungguh luar biasa mahal.

Itu baru salah satu organ tubuh belum yang lain-lain….Maka yakinlah pada diri kita agar kita menjadi orang paling kaya (*)

Bagikan Sekarang!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed