by

Makna dan Hikmah Puasa

-Hikmah, Islam-73 views

 

Ilustrasi : Ramadhan 

Puasa merupakan ibadah yang istimewa. Ibadah ini bersifat rahasia antara hamba dan penciptanya. Karena itu, Allah sendiri yang akan menyampaikan ganjarannya.

Dalam sebuah hadits Qudsyi Allah Swt berfirman:

“Semua amal anak Adam untuk dirinya sendiri, kecuali puasa. Sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Akulah yang akan memberikan ganjaranya.”

Puasa yang dikehendaki oleh Allah ialah puasa jasmani dan rohani. Puasa jasmani, artinya menahan diri dari makan, minum, dan berhubungan suami-istri sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.

Sedangkan puasa rohani, artinya menahan diri dari hawa nafsu. Misalnya, tidak menggunakan mulut untuk berkata-kata tidak senonoh, kotor dan sia-sia, menggunjing, memfitnah, tidak melangkahkan kaki ke tempat-tempat maksiat, dan lain-lain.

Rasulullah Saw bersabda:

“Dari Abu Hurairah r.a. ia berkata: Rasulullah Saw telah bersabda: Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan bohong dan suka mengerjakannya, maka Allah tidak memandang perlu orang itu meninggalkan makan dan minumnya (H.R. Al-Khamsah).”

Imam Ghazali mengklasifikasikan derajat orang berpuasa sebagai berikut:

Puasa Awam,
Yakni hanya menahan diri dari makan, minum, dan berhungan suami istri.

Puasa Khusus,
Yakni di samping menahan diri dari makan, minum, dan berhubungan suami-istri, anggota badan dan panca indera juga ikut berpuasa.

Puasa Super Khusus,
Yakni di samping mencegah hal-hal seperti pada puasa khusus, hati dan pikiran senantiasa berdzikir (bertasbih, bertahmid, dan bertakbir) kepada Allah Swt.

Puasa Awam hanya membuat para pelakunya merasakan lapar dan dahaga saja. Mereka tidak memperoleh balasan apa-apa karena tidak bisa menjaga dirinya dari berkata kotor, berdusta, memfitnah, menipu, mencaci maki, membuat gaduh, mengganggu orang lain, berkelahi, dan segala perbuatan yang tercela menurut ajaran Islam.

Baca juga:
Problematika Keluarga by TV TAUSIYAH

Rasulullah Saw bersabda:

“Dari Abu Hurairah r.a. ia berkata: Bersabda Rasulullah Saw: Jika seseorang di antara kamu berpuasa, maka janganlah berkata kotor pada hari itu, dan janganlah berbuat gaduh. Jika dimarahi oleh seseorang atau dimusuhinya, hendaklah ia berkata: saya sedang berpuasa. (H.R. Bukhari dan Muslim).”

Sedangkan puasa yang dilaksanakan dengan baik dan sempurna akan mendatangkan beberapa hikmah, antara lain:

Pertama: Puasa dapat mengurangi adanya diskriminasi. Semua orang yang berpuasa harus mau mengikuti aturan yang sama. Tidak ada perlakuan istimewa bagi pejabat maupun konglomerat. Tidak ada keringanan bagi hartawan maupun jutawan. Semua diperlakukan sama dan adil.

Kedua: Puasa dapat menumbuhkan sikap solidaritas sesama muslim. Mereka merasakan hal yang sama: sama-sama lapar, haus, terkekang syahwatnya, dan sebagainya. Akhirnya timbul rasa ingin bersatu, saling menolong, saling memberi sedekah, dan sebagainya.

Rasulullah Saw bersabda:

“Apakah engkau mau saya tunjukkan kepada pintu-pintu kebajikan? Saya (sahabat) menjawab: Baik ya Rasulallah. Nabi Saw bersabda: Ketahuilah bahwa puasa itu sebagai perisai dan shadaqah itu memadamkan kesalahan bagaikan air memadamkan api (H.R. Imam Turmudzi).”

Ketiga: Puasa dapat mendidik dan melatih pelakunya untuk taat, patuh, dan loyal terhadap Allah Swt. Artinya, berusaha mematuhi peraturan tanpa pengawasan dan desakan dari pihak luar, bersedia mengorbankan harta dan jiwa untuk mematuhi perintah-Nya. Dengan demikian, muncullah rasa ikhlas, melakukan sesuatu hanya karena Allah, bukan karena yang lain.

Keempat: Puasa dapat menumbuhkan sifat sabar pada pelakunya. Ia bersikap tenang dalam menghadapi goncangan hidup, dan selalu mengatatasi setiap masalah yang membelit hidupnya dengan meminta pertolongan dan ridha Allah Swt. Dengan demikian, ketenteraman dan kebahagiaan akan tercapai.

Baca juga:
Salam, Bukan Sekedar Ucapan

Kelima: Dengan puasa kita diajak membangun mental dan ditunjuki bagaimana seharusnya kita bertindak, membentuk jiwa yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab dengan penuh ketundukan kepada Allah Swt.

Mulyo

Bagikan Sekarang!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed