by

Dahsyatnya Niat yang Ikhlas

Ilustrasi : sunrise

dualink.id : Salah satu syarat diterimanya ibadah ialah ikhlas. Ibadah yang tidak disertai dengan rasa ikhlas akan tertolak.

Rasa ikhlas dapat menimbulkan kekuatan yang luar biasa untuk menghadapi godaan setan. Setan tidak mampu menggoda orang-orang yang ikhlas dalam beribadah.

Ada sebuah cerita menarik.

Dalam sebuah kampung terdapat pohon besar yang dianggap menjadi penyebab terjadinya perbuatan syirik yang dilakukan oleh orang-orang di kampung itu.

Mereka mendatangi pohon besar itu dengan membawa sesaji, meminta kekayaan, kesehatan, keselamatan, dan sebagainya.

Mengetahui hal tersebut, ada seorang yang taat beribadah berniat untuk menebang pohon itu. Dengan gagah berani ia mendatangi pohon itu.

Namun, di tengah perjalanan ia dihadang oleh setan yang menampakkan diri sebagai manusia. Keduanya berkelahi, dan kemenangan berpihak kepada orang yang bermaksud menebang pohon itu.

Ketika akan dibunuh, setan—yang telah menjilma menjadi manusia—berkata, “Jangan kaubunuh aku. Setiap hari aku akan menaruh uang di balik tikar tempat kamu beribadah. Lepaskan aku!”

“Baiklah, kulepaskan kau.”

Benar apa yang dikatakan setan. Setiap hari ia menaruh uang di balik tikar orang taat beribadah itu. Akan tetapi, makin lama jumlah uang yang ditaruhnya makin berkurang, dan akhirnya setan tidak menaruh uang sama sekali.

Karena setan tidak lagi menaruh uang di balik tikar itu, niat untuk menebang pohon besar itu muncul kembali. Orang itu berangkat dan di tengah jalan dihadang oleh setan. Terjadilah perkelahian, tetapi kali ini kemenangan berada di tangan setan.

Setan tertawa-tawa dan berkata, “Sekarang kamu tidak akan bisa mengalahkan aku. Dulu kamu menang karena niatmu ikhlas karena Allah. Sekarang kamu berniat menebang pohon itu karena aku tidak lagi menaruh uang di balik tikarmu.”

Baca juga:
Makna dan Hikmah Puasa

Mulyo

Bagikan Sekarang!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed