by

Ciptaan Allah tidak Ada yang Sia-sia

-Hikmah-74 views

Ilustrasi : Taman Bunga

dualink.id : Seorang pelukis sedang asyik melukis.

Ketika ditanya, “Mengapa melukis?”

“Sekedar hobi saja, Mas,” jawabnya.

Pelukis tersebut melakukan sesuatu
yang tidak jelas tujuannya. Orang yang tidak hobi melukis mungkin berkomentar, “Sia-sia saja pelukis itu menghabiskan waktu dan menguras tenaganya.”

Berbeda dengan Allah menciptakan seluruh makhluk-Nya.

Orang yang berakal mengakui bahwa ciptaan Allah tidak ada yang sia-sia. Artinya ia mengakui bahwa segala ciptaan Allah bermanfaat bagi kehidupan manusia. Hal ini dapat dilihat pada contoh-contoh berikut:

Contoh Pertama: Allah menciptakan hewan ternak: sapi, kambing, domba, dan sejenisnya.

Hewan ternak tersebut dapat disembelih dan dibagi-bagikan dagingnya kepada orang-orang di sekitarnya sebagai ibadah kurban. Dengan kata lain hewan ternak bisa dimanfaatkan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Contoh Kedua: Allah menciptakan air

Jika diperhatikan sepintas, di satu sisi air bisa mendatangkan bencana. Di sisi lain air memberikan banyak manfaat bagi kehidupan. Misalnya untuk mandi, mencuci, pemadam kebakaran, menyirami tanaman, pelepas dahaga, dan sebagainya.

Contoh Ketiga: Allah menciptakan tanah

Tanah dapat dimanfaatkan untuk pembuatan batu merah, genting, bercocok tanam, dan sebagainya. Selain itu, tanah dapat juga dimanfaatkan sebagai sarana mendirikan bangunan untuk tempat tinggal, tempat ibadah, pendidikan, kesehatan, penampungan anak yatim, dan layanan sosial yang lain.

Contoh Keempat: Allah menciptakan nyamuk

Bila diperhatikan sepintas, nyamuk menggigit mendatangkan penyakit. Banyak orang yang memperhatikan segi negatifnya saja. Padahal bila diperhatikan segi positifnya banyak sekali manfaat diciptakannya nyamuk.

Nyamuk telah melatih manusia untuk berperilaku sabar dan dermawan. Bersedekah itu tidak harus kepada sesama manusia. Bersedekah kepada nyamuk pun kalau ikhlas akan memperoleh pahala.

Nyamuk telah memotivasi para ilmuwan untuk menemukan obat penyakit akibat gigitan nyamuk. Selain itu, nyamuk juga mendorong para pakar untuk mencari obat anti nyamuk. Setelah obatnya ditemukan, didirikanlah pabriknya yang mampu menyerap ribuan tenaga kerja.

Baca juga:
Jadi Orang Istimewa Di Hadapan Allah

Contoh Kelima: Allah menciptakan benda dan bayang-bayangnya

Kita tahu, bila benda hidup atau benda mati kena sinar matahari, maka akan muncul bayang-bayangnya. Ketika matahari berada di di sebelah timur bayang-bayang itu akan muncul di sebelah barat bendanya.

Saat matahari makin meninggi, bayang-bayang benda itu makin memendek. Bayang-bayang itu lenyap ketika matahari tepat berada di atas bendanya.

Ketika matahari tergelincir ke sebelah barat bayang-bayang itu muncul di sebelah timur bendanya. Saat matahari makin ke barat, bayang-bayang benda itu makin panjang.

Kita juga tahu, bayang-bayang itu selalu mengikuti bendanya. Kemana saja benda itu berjalan, bayang-bayangnya selalu mengikutinya. Manusia, misalnya. Kemana saja manusia itu berjalan, bayang-bayangnya selalu membuntutinya.

Selamanya, bila matahari berada di sebelah timur, bayang-bayang itu muncul di sebelah barat bendanya. Bila matahari berada di sebelah barat, bayang-bayang itu muncul di sebelah timur bendanya. Selamanya pula, bayang-bayang itu mengikuti bendanya.

Hal tersebut menunjukkan bahwa bayang-bayang itu selalu taat kepada aturan dan ketentuan Allah SWT. Sekali saja tidak pernah aturan dan ketetapan Allah dilanggarnya.

Berdasarkan peristiwa tersebut di atas dapat dikatakan, bila ada manusia yang melanggar aturan dan ketetapan Allah berarti ia kalah dengan bayang-bayangnya sendiri.

Mulyo

Bagikan Sekarang!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed