by

Salam, Bukan Sekedar Ucapan

-Hikmah-62 views

Ilustrasi : Salam

dualink.id : Sebagai makhluk sosial, kita tentu menginginkan hidup rukun dan damai,  saling mencintai dan saling menyayangi, baik di rumah, di tempat kerja, maupun di tempat lain.

Berkenaan dengan hal tersebut Rasulullah Saw menganjurkan kepada umatnya untuk menebarkan salam.

Ucapan salam yang sempurna sebagai berikut:

Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh, yang artinya, “Semoga keselamatan, rahmat Allah,  dan berkah-Nya tercurah kepadamu.”

Jawabannya sebagai berikut:

Wa’alaikumussalaam warahmatullahi wabarakaatuh, yang artinya, “Semoga keselamatan, rahmat Allah,  dan berkah-Nya tercurah kepadamu juga.”

Melalui ucapan dan jawaban salam tersebut, orang yang mengucapkan dan yang menjawab salam, saling mendo’akan, “Semoga mendapatkan keselamatan, rahmat, dan berkah dari Allah Swt.”

Namun, perlu disadari, agar orang lain mendapatkan keselamatan, rahmat, dan berkah dari Allah, tidak cukup hanya dengan dido’akan.

Agar mendapatkan keselamatan, misalnya, orang yang mengaku muslim harus berusaha agar muslim yang lain selamat dari gangguan lisan maupun tangannya.

Jadi, salam itu tidak cukup hanya diucapkan, tetapi harus direalisasikan dalam bentuk perilaku atau perbuatan. Tidak selayaknya orang yang mengaku beriman, tetapi masih menyakiti hati tetangganya.

Seorang suami tidak selayaknya menyakiti hati istri atau sebaliknya, seorang anak tidak selayaknya menyakiti hati orang tua atau sebaliknya.

Seorang pejabat seharusnya melindungi dan mengayomi, bukan malah membuat aturan atau kebijakan yang menyengsarakan rakyatnya.

Sesama muslim harus saling mencintai dan menyayangi. Seorang pemimpin hendaknya menjadi “rahmat” di lingkungannya. Kepala Negara  dan Kepala Daerah hendaknya menjadi “rahmat” bagi rakyatnya.

Pimpinan lembaga, persyarikatan, ormas, departemen, dinas, dan instansi hendaknya menjadi “rahmat” bagi anak buahnya.

Pemimpin keluarga hendaknya menjadi “rahmat” bagi anggota keluarganya.

Dari uraian di atas diperoleh kesimpulan bahwa keselamatan, rahmat, dan berkah dari Allah, dapat diperoleh dengan ucapan salam yang disertai dengan menjaga lisan dan tangan, saling mencintai dan menyayangi, serta meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah Swt.

Baca juga:
Lelaki Patah Hati

 

Mulyo*

Bagikan Sekarang!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed