by

Mengejar Harta atau Dikejar Harta, Pilih yang Mana?

-Hikmah-150 views

Ilustrasi : Pengusaha Kaya Raya

dualink.id : Ada sekelompok orang yang menggunakan waktunya untuk memburu harta. Mereka beranggapan bahwa kebahagiaan hidup ditentukan oleh banyaknya harta. Waktu yang mereka miliki habis hanya untuk mengejar-ngejar harta.

Sebenarnya, harta, makin dikejar bukannya makin dekat, melainkan makin jauh. Sebab, melalaikan kewajiban kepada Allah karena memburu harta, harta yang didapat tidak akan membawa barakah.

Begitu harta mereka peroleh, tak lama kemudian harta itu habis untuk memenuhi keinginan yang sama sekali tidak bernilai ibadah. Sedikit pun tidak terlintas dalam pikiran mereka bersedekah atau menzakati hartanya.

Orang yang senantiasa memburu harta tidak akan pernah merasa puas. Mereka selalu merasa kurang. Itulah yang dimaksud bahwa semakin diburu harta itu justru semakin jauh. Bukan hanya makin jauh, namun harta itu malah mendatangkan siksa yang sangat pedih karena mereka tidak mau bersyukur.

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (Q. S. Ibrahim: 7)

Ada juga sekelompok orang yang menggunakan waktunya untuk mencari kebahagiaan hidup di akhirat. Tetapi, mereka tidak mengesampingkan kebahagiaan dan kenikmatan duniawi.

Orang-orang kelompok kedua ini lebih mengutamakan kehidupan di akhirat daripada kenikmatan dunia yang hanya sementara. Jika mereka memperoleh harta, mereka bersihkan hartanya dengan cara bersedekah atau mengeluarkan zakatnya.

Ketika Allah menyempitkan rezekinya, mereka malah berinfak sesuai dengan kemampuannya. Mereka ingin membuktikan bahwa mereka adalah orang-orang bertaqwa yang mengharapkan surga.

Semakin rajin berinfaq semakin berlipat ganda balasannya. Jadi, orang-orang kelompok kedua ini bukannya mengejar harta, melainkan dikejar harta.

 

Mulyo*

 

Bagikan Sekarang!
Baca juga:
Lelaki Patah Hati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed